Senin, 06 Desember 2010

Perkembangan Game Edukasi

Belakangan ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat. Mulai dari Handphone, Wifi, Notebook, dan lain-lainnya. Game juga merasakan dampak perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi. Begitu banyak categori game yang beredar saat ini dilingkungan sekitar kita. Potensi yang terjadi saat ini seharusnya bisa bermanfaat positif jika kita bisa memanfaatkannya dengan benar. Game sendiri harusnya juga harus memiliki sebuah fungsi sebagai media edukasi dengan hiburan atau bisa dikatakan belajar sambil bermain. 
Dalam Review ini, saya akan mereview beberapa game edukasi yang telah saya coba. Yaitu Merapi Boy, Typer Shark, Dan Car Chaos. 
1. Merapi Boy
Game ini menceritakan tentang suasana ketika gunung merapi meletus. Pada dasar nya game ini sangat lah mudah untuk dimainkan dan dipahami. Kita hanya tinggal memilih beberapa pilihan yang akan menentukan akhir dari cerita game ini. Dan di akhir game ini akan diberi skor dan cerita berdasarkan pilihan-pilihan yang kita ambil tadi. 

Kelebihan :
Game ini dapat menumbuhkan rasa simpati kita terhadap para korban gunung merapi
Mudah untuk dimainkan
Setting latar yang bagus
Kekurangan :
Alur cerita yang membosankan
Sedikit berlebihan alur ceritanya

Meskipun mudah dimainkan, tetapi terlalu simpel gameplaynya.





2. Typer Shark
Typer Shark adalah game keluaran dari PopCap Games yang sudah terkenal dengan mini games yang edukatif. Typer shark merupakan game unik yang hampir mirip dengan Feeding Frenzy. Hanya saja gameplay nya yang berbeda. Pada Typer Shark, kita harus mengetik huruf-huruf yang tertera pada ikan untuk membunuh ikan tersebut. Sehingga secara tidak langsung kita dilatih untuk konsentrasi dan dilatih untuk mahir dalam mengetik dengan keyboard.




Seperti layaknya game-game lainnya, Typer Shark juga memiliki Bos terakhir dalam setiap level. Sehingga membuat game ini cukup menantang untuk dimainkan.


Kelebihan :
Menarik untuk dimainkan
Alur cerita yang membuat penasaran
Seting latar yang menarik
Kekurangan :
Gameplay yang lama-kelamaan akan menbuat bosan
Terkadang dapat membuat stress
Masih harus registrasi untuk mendapatkan Full Version.
3. Car Chaos
Game ini adalah game edukasi yang dimainkan secara online. Jadi kita tidak harus mendownload game ini ke dalam platform kita. Serta kita dapat memainkan game tersebut secara gratis.
Game ini cukup simpel untuk dimainkan. Kita hanya perlu untuk mengklik mobil yang lewat saja, dan berusaha untuk tidak menabrak dengan mobil lain nya. Jadi kita dilatih untuk bersabar serta konsentrasi.


Dan jika salah satu mobil menabrak, maka game akan berakhir. Jadi kita harus berusaha sekuat mungkin untuk mencegah mobil-mobil tersebut bertabrakan.


Kelebihan :
Simpel dan menarik untuk dimainkan
Tidak perlu instal secara langsung di komputer
Musik dan Efek suara yang bagus
Kekurangan :
gameplay yang monoton
jika koneksi bermasalah, akan menimbulkan delay beberapa detik
harus menunggu buffering ketika membuka untuk pertama kalinya.



Game yang saya sukai sebenarnya banyak. Dan genre yang saya sukai didominasi oleh game berjenis First Person Shooter, Role Playing Game, Dan Strategi. Contoh Game FPS adalah Call of Duty, Mafia, Medal of Honour, etc. Game-game seperti ini adalah game yang menurut saya dapat dinikmati melalui segi grafis dan efek suara. Belakangan ini para developer game dunia telah membuat banyak sekali game FPS yang sangat mengesankan dari segi efek-efek tersebut. Sedangkan Game RPG adalah game yang mengutamakan kedetailan karakter kita. Seperti kemampuan menembak, sihir, makan, minum, dll. Contoh dari game RPG adalah Sacred, Dragon Age, Mass Effect, etc. Game RPG juga diminati di dalam dunia game online. Dan game Strategi adalah game yang mirip seperti catur. Jadi kita mengontrol unit kita dengan mouse dan mengendalikan nya untuk menyerang atau pun yang lainnya. Game jenis ini biasanya lebih diminati jika cerita game tersebut, menggambarkan keadaan dunia yang sekarang ini. Seperti Perang afganistan, perang dunia, dll. Namun banyak juga game strategi yang mengutamakan efek-efek yang sangat mengesankan.










Ada satu game yang sangat sangat saya sukai. Game itu merupakan penggabungan antara FPS, RPG, dan sedikit Strategi. Judul dari game itu adalah Fall Out : New Vegas. Untuk detail dari game ini silahkan melihat di internet. Namun menurut saya inovasi game ini sungguh luar biasa. Kita tidak hanya sekedar tembak-menembak, melainkan juga harus memperhatikan status dan kemampuan kita. Bahkan makan, minum, dan tidur pun harus kita perhatikan. Dan ending dari game ini kita tentukan dengan alur yang kita pilih, dengan pilihan kata-kata kita yang dibicarakan dengan NPC lain nya. Sungguh inovasi luar biasa pada dunia Gaming.
Harapan saya untuk Dunia game edukasi ke depannya, seharusnya di buat lebih menarik dan tidak membosankan. Jika memungkinkan, harus digabungkan antara genre-genre yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar