Minggu, 02 Januari 2011

3 Bass Yang Harus Dipakai Ketika Recording

Ketika Recording sebuah lagu, instrument yang kita gunakan tidak boleh sembarangan. Karena sebenarya setiap merk instrument itu memiliki karakter suara yang berbeda-beda. Jadi kita harus menyesuaikannya dengan jenis musik yang kita mainkan.

Dan di bawah ini adalah 3 Gitar Bass yang harus dipakai ketika proses Recording :

1. Fender

Bass Fender merupakan Bass yang sangat umum dipakai ketika rekaman. Karena karakter bass ini dapat kita sesuaikan dengan mengganti beberapa Equalizer. Sehingga bass Fender merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan ketika proses Recording. Baik itu Fender type Jazz Bass maupun Fender Precision.

















2. Musicman

Musicman merupakan bass yang berkarakter low dan sedikit bersuara drive. sehingga bass ini cocok untuk lagu-lagu yang berjenis Rock maupun Pop-Rock. Terutama Musicman Sting-Ray dan SUB. Kebanyakan Band Indonesia menggunakan Bass musicman ini. Tetapi jika kita tidak menggunakan beberapa compressor ketika recording, maka hasil tidak akan maksimal. Dan type musicman yang lebih ringan adalah Musicman Sterling. Bass ini cocok untuk lagu-lagu berjenis pop.

















3. Ibanez

Bass ibanez biasanya digunakan untuk musik berjenis Rock yang sangat keras. Karena Bass ini memiliki karakter yang Very-Low. Tetapi dengan karakter low ini, sound dari bass ini dapat menjadi layer dalam suatu musik metal dan sejenisnya. Jika kita lihat, Hampir semua band metal Internasional menggunakan Bass Ibanez Bertype SDGR. Seperti Lamb Of God, Kill Switch Engage, All That Remains, SlipKnot, Dan sebagainya.
























Dan itu lah 3 karakter utama dalam Gitar Bass. Sebenarnya masih banyak beragam Merk Bass yang ada di luar sana. Tapi pada dasarnya semuanya hampir mirip dengan ketiga merk bass di atas. Dan 3 bass tersebut lah yang pada umumnya digunakan oleh banyak orang, serta dengan harga yang lebih terjangkau. Seperti contohnya, Bass Warwick yang berharga 25 Juta, mirip dengan Ibanez SDGR seharga 15 Juta-an. Dan bass Rickenbaker yang berharga 40 Juta, sama dengan karakter suara Fender Gaddy Lee Jazz bass Seharga 25 Juta. Tetapi jangan pernah membandingkan 3 merk tersebut dengan bass-bass buatan Lokal ! Karena jelas akan sangat berbeda karakter suara serta kualitasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar