Kamis, 06 Januari 2011

iRig, Sikecil Dahsyat


Di era digitalisasi industri musik sudah merasuk di setiap musisi. Dahulu, proses amplifikasi sudah bisa dilakukan dari komputer atau laptop. Kini, proses amplifikasi gitar/bass tentu saja dapat dilakukan melalui sentuhan jari saja yang diakses via iPhone, IPod atau iPad.

Luar biasa, semakin ke depan industri musik yang berkaitan dengan urusan teknologi digital maka makin memudahkan para penggunanya. Tak kalah menarik, salah satu teknologi peranti musik digital yang dikenalkan oleh IK Multimedia—namanya membumbung berkat produk software gitar Amplitube – interface adapter. I Rig mengarahkan peranti musik digital semakin praktis saja. Mudah dioperasikan, praktis dibawa kemanapun, dan mempertahankan kualitas sound gitar sesuai kebutuhan musisi. Poin terakhir cukup penting karena sebagus-bagusnya teknologi, jika tidak disertai dengan kualitas maka akan mubazir bagi kita saat berinvestasi. Namun, faktor kualitas audio yang diusung IK Multimedia juga tentu tak luput menjadi perhatian mereka. Konfigurasi rig gitar yang bentuk fisiknya bisa sebesar lemari baju, kini sudah tidak dimasukkan dalam ransel lagi, bahkan konfigurasi rig gitar bisa dimasukkan ke dalam saku baju Anda.

I Rig
Kita dapat memainkan rig gitar virtual menggunakan tiga buah komponen, yaitu IK Multimedia I Rig (adaptor interface), software gitar Amplitube keluaran IK Multimedia. Serta komponen ketiga sebagai komputer/prosesor, software Amplitube dijalankan melalui iPhone, iPod, atau iPad. IK Multimedia I Rig adalah interface adapter yang fungsinya sebagai adaptor jack gitar menjadi mini jack yang dihubungkan ke iPhone/iPod/iPad. I Rig diproduksi oleh IK Multimedia sebagai adaptor jack khusus instrumen (gitar, bass, atau synthesizer) sebelum dikonversi dan diproses oleh iPhone. Kemudian signal audio yang telah diproses oleh iPhone dikirim kembali ke I Rig (signal analog) dan diteruskan melalui line output stereo (jack 1/8). Signal output ini dapat diteruskan ke headphone, DAW, atau PA system. Perangkat I Rig ini juga memiliki fisik yang kecil namun memiliki konstruksi yang kokoh. I Rig juga sangat praktis dimasukkan ke dalam saku baju.

1 komentar:

  1. I didnt find the order number for my IRig. !?? How can i find it ??

    BalasHapus