Minggu, 09 Januari 2011

Wireless vs Kabel

Topik ini masih sering dibicarakan oleh orang. Karena banyak keuntungan dan kerugian diantara salah satu penggunaan wireless dan kabel tersebut. Dan bagi penggemar sound yang "sempurna", pasti mereka lebih memilih menggunakan kabel. Tetapi, bagi musisi yang aktif bergerak ketika perform, mereka lebih memilih wireless. Lalu manakah pilihan yang tepat? 

Saya akan memberikan beberapa keuntungan dan kerugian pada wireless maupun kabel 

1. Wireless 


Wireless menyalurkan sinyal gitar yang dikeluarkan melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu. Kelebihan dari wireless adalah kita tidak terikat dengan kabel ketika perform di panggung. Sehingga kita bebas bergerak dan dapat memberikan aksi panggung yang maksimal. Keuntungan yang lainnya adalah jangkauannya yang luas. Wireless pada umumnya dapat menjangkau hingga 30-50 meter lebih. Jauh di luar jangkauan dengan kabel.

Tetapi kelemahan yang pertama adalah harga. Wireless yang murah biasanya berharga sekitar 1,5 - 2 jutaan. Itu pun adalah wireless dengan kualitas rendah. Dan kualitas wireless, sangat berpengaruh dengan sound kita. Wireless yang memiliki kualitas baik, memancarkan sinyalnya secara utuh. Tidak ada yang hilang. Serta frekuensi yang aman dan tidak dapat terpengaruh dengan gelombang-gelombang yang lain. Seperti televisi, radio, dan handphone. Kelemahan yang lain adalah, sinyal yang terkadang putus-putus. Dan kelemahan yang terakhir adalah sound. Dengan menggunakan wireless, biasanya gain dari gitar kita akan terpotong. Oleh karena itu kita harus menambahkan gain kita dengan bantuan efek.

2. Kabel







Kabel merupakan penyalur sinyal gitar yang umum dipakai oleh sebagian besar orang. Dan ini merupakan penyalur gitar yang sangat baik digunakan. Keuntungan dari menggunakan kabel adalah kita akan mendapatkan sound yang maksimal. Karena kita langsung terhubung melalui kabel, tidak dengan perantara udara seperti wireless. Keuntungan yang lain adalah harga yang terjangkau. Dengan uang 15 ribu, kita sudah dapat membeli kabel jack, meskipun dengan kualitas yang rendah. Tetapi ada juga kabel yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Kelemahan dari kabel adalah kebalikan dari wireless. Pertama adalah kita terbatas dengan jangkauan kabel kita. Sehingga kita tidak dapat bergerak bebas seperti kita menggunakan wireless. Meskipun kita menggunakan kabel yang panjang sekali pun, tetap saja kita merasa terganggu dengan gulungan kabel kita sendiri. Yang terkadang dapat membuat kita tersandung ketika dipanggung. Sehingga pada umumnya, orang yang menggunakan kabel lebih sering berdiam di tempat daripada bergerak memberikan aksi panggung yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar